Teknik copywriting bisnis online adalah artikel yang sangat bermanfaat untuk orang seperti anda yang berprofesi sebagai copywriter. Banyak orang yang mencari bagaimana contoh copywriting bisnis jual makanan, copywriting MLM, copywriting produk kesehatan dan lain sebagainya. Di sini kita akan membahas semua teknik copywriting bisnis online yang dapat meningkatkan penjualan secara signifikan

Teknik copywriting merupakan suatu pembahasan yang tidak ada habis-habisnya untuk dibahas. copywriting yang baik tentu akan mempengaruhi jalannya sebuah bisnis. Dengan adanya teknik copywriting yang bagus akan membuat para pembeli untuk melakukan transaksi.

Tapi sebelum membahas bagaimana teknik copywriting yang baik, mari lihat dulu apa itu copywriting

Pengertian copywriting

Mungkin anda belum tau secara jelas apa itu copywriting. copywriting adalah salah satu teknik penulisan yang menarik sehingga orang yang membacanya akan merespon apa yang kita inginkan. copywriting tidak hanya bertujuan untuk melancarkan bisnis online, tapi juga dapat membuat oran untuk melakukan tindakan pendaftaran, submit email, menjawab pertanyaan, poling, mengingat atau tindakan lainnya.

Semakin baik copywriting anda maka semakin besar juga peluang yang akan anda dapat.

Copywriting merupakan salah satu aspek yang harus ada dalam bisnis online. Hal itu bertujuan untuk memberikan penjelasan mengenai apa kelebihan dan manfaat suatu produk yang ditawarkan kepada konsumen. Apalagi di dalam bisnis online, kita tidak dapat bertatap muka secara langsung kepada calon pembeli untuk mempromosikan produk, sehingga diperlukannya lah sebuah copywriting.

Oke, langsung saja kita lihat bagaimana teknik copywriting yang baik untuk meningkatkan penjualan

Teknik Copywriting Bisnis Online

Bagi anda yang berprofesi sebagai copywriter atau pelaku bisnis yang menulis copywriting bisnis anda sendiri, wajib untuk tau teknik apa saja yang baik dalam Copywriting.

1. Menulis Copywriting yang Panjang

Mungkin anda beranggapan bahwa Copywriting yang pendek dan singkat adalah teknik Copywriting yang baik. Justru anggapan itu salah, karena telah terbukti dengan adanya Copywriting yang panjang justru akan mendatangkan pembeli yang lebih banyak.

Yang jelas, isi dari Copywriting anda tidak berbelit-belit dan menyampaikan semua informasi produk yang calon pembeli butuhkan sampai ke detailnya.

Berhati-hatilah dalam membuat Copywriting, karena teknik Copywriting yang salah justru akan membuat calon pembeli menjadi tidak tertarik dan beralih kepada kompetitor anda.

2. Menerapkan Teknik Storytelling

Teknik copywriting ini lebih kepada bagaimana cara anda memperkenalkan produk anda lewat bercerita. Dengan menggunakan teknik storytelling ini, calon pembeli akan lebih mudah mengingat produk anda.

Usahakan anda menyampaikan deskripsi produk anda dengan cerita yang lebih menarik dan kreatif. Dengan begitu calon pembeli anda dapat membaca konten anda secara emosional dan dapat terpengaruh untuk membeli produk anda

Baca juga : Tips Memilih Penulis Artikel yang Berbakat Untuk Blog Anda

3. Berkomunikasi Kepada Pembaca

Walaupun bisnis yang anda jalankan berbasis online yang berarti anda tidak dapat berbicara secara langsung kepada calon pembeli, bukan berarti anda tidak dapat berkomunikasi dengan calon pembeli anda. Itulah kenapa copywriter dibuat.

Tapi sebelum itu, lakukanlah riset pasar terlebih dahulu. Cari tau seperti apa target calon pembeli anda, apa gendernya, umur, gaya bahasanya, tingkat pendidikan dan budaya seperti apa.

Setelah anda tau semua itu, selanjutnya anda tinggal membuat copywriting produk sesuai apa yang pembaca anda pikirkan. Buatlah copywriting yang seolah-olah anda berbicara langsung dengan mereka.

Ada 3 hal yang perlu anda perhatikan agar dapat berkomunikasi dengan calon pembeli anda yaitu dengan :

  • Menyesuaikan dengan bahasa target audiens
  • Menceritakan kisah kepada pembaca yang relevan
  • Memberikan solusi kepada audiens

Sebagai contoh naskah copywriting : Saya mengerti bagaimana rasanya memiliki wajah yang dipenuhi dengan jerawat, saya juga pernah berada di posisi seperti anda. Tapi wajah saya kembali normal semenjak saya memakai produk cream xxx

4. Siapkan Pertanyaan dan Jawaban

Hal ini tidak kalah penting dari teknik lainnya. Menghadapi calon pembeli berarti siap untuk memberikan solusi dari segala keluhan dan kebutuhan mereka. Buatlah pertanyaan untuk calon pembeli anda jawab. Biasanya pertanyaan tersebut berupa pertanyaan yang hanya memberikan pilihan jawaban “ya” atau “tidak”.

Semakin sering konsumen anda menjawab “ya” berarti semakin besar peluang calon konsumen anda membeli produk yang anda jual. Contoh pertanyaannya seperti berikut :

  • Apakah anda sering minum air es?
  • Apakah anda jarang berolahraga?
  • Apakah anda sering begadang?

5. Sampaikan Manfaat Terlebih Dahulu Sebelum Menawarkan Fitur

Banyak copywriter di luar sana yang masih melewatkan teknik ini. Mereka fokus bagaimana cara menawarkan fitur produk yang mereka jual tanpa menyampaikan manfaat dari produk mereka. Jelaskan terlebih dahulu semua manfaat yang akan diperoleh nanti barulah Anda menjelaskan fitur-fitur yang akan mereka dapatkan.

Testimoni

Meyakinkan calon pembeli adalah hal yang sangat penting dan tidak boleh anda lewatkan. Banyak orang yang ingin membeli sebuah produk setelah melihat pengalaman orang lain yang membeli produk tersebut. Bukan berarti testimoni yang buruk itu tidak baik untuk anda. Justru tanggapan konsumen yang buruk mengenai produk anda dapat anda gunakan sebagai bahan evaluasi untuk memperbaiki kekurangan produk anda tersebut.

Begitulah teknik copywriting bisnis online yang dapat meningkatkan penjualan anda secara signifikan. Semoga bermanfaat