Ide kreatif untuk meningkatkan penjualan tentu sangat diperlukan. Tanpa strategi pemasaran khususnya di dunia internet, bisnis anda tidak akan berkembang. Cara jitu meningkatkan penjualan pun sering dibahas orang, misalnya dengan strategi promosi bahkan samppai ke taktik pemasaran. Anda penasaran tentang bagaimana cara mengolah bisnis anda khususnya pada pemasaran online? Semua akan saya bahas di tulisan saya ini yang bertajuk “Strategi Online Marketing yang Dapat Mendongkrak Penjualan”

Strategi pemasaran adalah kemampuan yang harus dimiliki oleh pemilik usaha. Bukan hanya pada pemasaran offline, tapi juga harus diterapkan di pemasaran online. Tanpa strategi pemasaran, anda tidak akan mampu mengembangkan bisnis online anda. Mengapa?

Dikatakan seperti itu karena strategi sama halnya dengan kunci sukses suatu bisnis. Strategi pemasaran online dapat dikatakan adalah upaya untuk memperkenalkan bisnis anda agar dikenal banyak orang melalui media online. Perkembangan teknologi yang terus berkembang memmbuat anda harus selalu update agar mampu bersaing di persaingan marketing online.

Lantas, apa strategi onlie marketing yang harus anda perhatikan? Di kesempatan kali ini saya akan membagikan 4 kunci sukses yang mampu membantu anda mendongkrak penjualan.

Strategi Online Marketing yang Dapat Mendongkrak Penjualan

1. Riset Sasaran Konsumen Anda

Kunci sukses yang pertama dan yang paling penting adalah mengenal siapa target konsumen anda. Walaupun menentukan target pasar dibutuhkan waktu yang tidak sebentar, tapi anda harus tetap melakukannya. Tanpa mengenal siapa target konsumen, anda tidak dapat tau produk seperti apa yang mereka butuhkan. Jadi, bagaimana cara untuk mengenal taget konsumen? Berikut langkah-langkahnya

  • Kenali target berdasarkan Demografi

Langkah pertama yaitu kenali konsumen anda berdasarkan jenis kelamin, suku, usia, pendidikan, agama, dan status ekonomi. Risetlah semua data yang ada dan simpulkan konsumen dengan jenis demokrasi apa yang paling dominan banyak. Misalnya, konsumen anda lebih banyak yang beragama Islam, pasarkanlah produk muslim seperti jilbab.

  • Kenali Target Berdasarkan Psikografi

Setelah anda meriset konsumen berdasarkan tingkat demokrasinya, langkah selanjutnya yaitu kenali target konsumen anda berdasarkan psikografinya. Informasi tersebut dapat berupa kepribadian, kebiasaan, minat dan gaya hidup seseorang.

Pada langkah ini anda akan dibawa kepaada pemahaman mengenai seperti apa target konsumen anda. Seperti apa kegiatan mereka saat liburan, Media sosial apa yang mereka gunakan, kapan waktunya mereka menggunakan internet. Kembangkan semua informasi tersebut hingga dapat menjadi sebuah kesimpulan.

  • Evaluasi Target Market
    Langkah terakhir dalam tahap ini yaitu mencari tau seperti apa target pasar pesaing anda. Kumpulkan semua data yang sudah anda peroleh sebelumnya. Kemudian evaluasi semua informasi yang ada. Apakah jumlah target konsumen anda banyak? Apa alasan target kosumen membeli produk yang anda jual? Apakah anda dapat berkomunikasi dengan target market anda? Jawaban dari semua pertanyaan itu harus anda mampu jawab sendiri

2. Pilih Media Pemasaran

Nah, langkah ini harus anda lakukan untuk memperkenalkan produk anda. Setelah anda mempersiapkan produk yang anda akan jual, tentu anda harus mempromosikannya bukan? Untuk itu, anda harus memilih salah satu dari sekian banyaknya saluran pemasaran khususnya di dunia digital. Beberapa saluran pemasaran yang biasa digunakan yaitu

SEO

SEO merupakan strategi pemasaran digital yang mengandalkan mesin pencari seperti Google. Media pemasaran ini banyak digunakan para pebisnis untuk memperkenalkan bisnisnya. Jika anda memiliki website bisnis, SEO adalah strategi pemasaran yang sangat baik untuk anda gunakan. Dengan menggunakan Jasa SEO, website anda akan mendapatkan peluang berada pada peringkat atas di halaman Google. Dengan adanya website di halaman pertama, produk yang anda pasarkan lebih berpeluang laku terjual.

Search Engine Marketing (SEM)

SEM hampir sama dengan SEO yang sama-sama bermain pada mesin pencari. Namun, SEM bekerja dengan cara membayar periklanan. Biasanya media pemasaran ini menggunakan metode CPC (Cost per Click) atau PPC (Pay per Click). Melalui media pemasaran ini, anda akan lebih mudah mendapatkan target market yang lebih terarah menuju toko online anda. Google Adwords adalah salah satu iklan SEM yang menampilkan iklan pada mesin pencari seperti Google.

Untuk melihat lebih lengkap jenis media pemasaran digital, kunjungi tulisan saya sebelumnya di sini

Menjaga Reputasi Anda

Banyak orang yang mencari tau informasi terlebih dahulu seperti apa produk yang akan mereka beli. Untuk itu, anda harus meningkatkan reputasi anda agar calon konsumen, tidak ragu-ragu untuk membeli produk anda. Biasanya mereka mencari tau informasi produk anda melalui ulasan-ulasan dari pelanggan anda sebelumnya.

Jangan rusak reputasi brand anda. karena sebuah riset mengatakan, konsumen yang tidak puas lebih dominan meninggalkan komentar dibandingkan konsumen yang merasa puas. Bukan hanya reputasi, tapi kedekatan antara anda dengan pelanggan harus tetap terjaga dengan baik. Sekali-kali berilah giveaway kepada pelanggan, agar tercipta sebuah hubungan yang harmonis antara anda dengan pelanggan.

Mempelajari Strategi Pemasaran Pesaing

Di dalam dunia bisnis tentu tidak pernah terlepas dari yang namanya persaingan. Tidak jarang pelaku bisnis merasa ketakutan menghadapi pesaing mereka. Padahal hal ini justru dapat membawa keuntungan bagi bisnis anda. Dengan melihat seperti apa strategi pemasaran pesaing anda, dapat mempermudah anda untuk menemukan strategi bisnis anda. Akan tetapi, jangan juga anda terus-terusan melihat strategi pesaing. Sebagai pebisnis, kreativitas dan inovatif harus ada di dalam diri anda.

Pemasaran Online atau Online Marketing adalah jenis pemasaran yang sudah ramai digeluti pebisnis saat ini. Tanpa strategi online marketing yang baik, anda akan kesulitan menghadapi persaingan di dalam dunia bisnis. Semoga bermanfaat