Semua webmaster ataupun bloger pasti sudah mengenal Meta Deskripsi. Meta Deskripsi selalu ada di dalam sebuah halaman seperti CMS WordPress yang menggunakan plugin SEO misalnya Yoast, AIO, Platinum SEO. Semua plugin tersebut selalu memberikan ruang kosong agar diisi setiap ingin menulis sebuah konten. Bahkan ada blogger yang menyetel plugin tersebut agar kolom Meta Description terisi secara otomatis ketika tidak mengisinya. Mari kita bahas Seberapa Pentingkah Meta Deskripsi Untuk SEO itu.

Sebelum membahas seberapa penting Meta Description untuk SEO itu, mari kita lihat terlebih dahulu apa itu Meta Description

Pengertian Meta Description

Meta Description merupakan salah satu Meta Tag yang menggambarkan apa isi dari konten tersebut. Meta Tag adalah kode HTML yang memberikan informasi kepada mesin pencari. Dengan adanya Meta Description, maka seseorang dapat mengetahui apa isi konten tersebut tanpa membukanya.

Sama halnya ketika kita ingin membeli sebuah novel yang sampulnya masih tersegel, kita dapat mengetahui deskripsi cerita novel tersebut dari deskripsi singkat yang berada pada halaman belakang buku

Google membutuhkan Meta Description sebagai alternatif ketika Google tidak dapat menemukan informasi yang tepat sesuai dengan keyword yang pengguna ketik.

Banyak yang mengira bahwa mengisi Meta Description tidak begitu penting dan tidak begitu berdampak bagi SEO website. Padahal pemahaman itu salah. Apakah masih penting? Simak ulasan berikut ini

Pentingkah Meta Deskripsi Untuk SEO?

Jawabannya penting. Meta deskripsi adalah salah satu TAG yang harus anda isi ketika menulis konten pada sebuah halaman website. Bisa dikata Meta Deskripsi adalah alternatif ke 2 Google untuk menentukan snippet di hasil pencarian.

Matt Cut yang sebagai Google Enginer juga pernah membahas masalah Meta Deskripsi ini. Berikut kutipan Google yang saya tulis kembali:

We do use the meta description tag.

The meta description is really handy, because if we don’t know what whould make a good snippet, and you have something in the meta description tag that would basically give a pretty good answer, maybe it matches what the user type in or something along those lines, then we do reserve the right to show that meta description tag as SNIPPET.

So we can either show the snippet that might be the keyword in context on the page or the meta description.

Now, if the meta description is really well written and really compelling, then a person who sees it might click through more often.

So, if you’r a good seo someone who is paying attention to conversion and not just ranking on trophy phrases, then you might want to pay some attention to testing different meta descriptions that might result in more click through and possibly more conversions.

So don’t do anything deceptive, like you say you’re about apples when you are really about red widgets that are completely unrelated to apples, but if you have a good and a compelling meta description that can be handy.

But at a 50.000 foot level, don’t pay attention to the keyword meta tags, but the description meta tag is worth paying attention to.

Source : https://support.google.com/webmasters/answer/79812?hl=id&ref_topic=4617741

Kesimpulan dari kutipan Matt Cut di atas yaitu Meta description Tag adalah layak untuk anda isi. Bukan cuma untuk kepentingan SEO tapi melainkan juga CTR ke dalam website anda.

Bagaimana menurut anda? Apakah anda setuju dengan kami yang menganggap bahwa meta deskripsi untuk SEO itu penting? Atau justru menganggap hak yang sia-sia untuk dilakukan? Anda harus mempelajari semua itu, demi kesuksesan website anda.

Apalagi jika anda masih pemula yang baru belajar tentang SEO, ada baiknya anda memperhatikan meta deskripsi ini. Jika anda masih bingung mengenai masalah ini, alangkah lebih baiknya jika anda berkosultasi pada ahli digital marketing dimarta.com. Di sana anda akan menemukan berbagai macam jasa yang sangat Anda butuhkan untuk membawa bisnis Anda jauh lebih sukses. Sampai jumpa di tulisan-tulisan kami berikutnya. Salam Sukses dari Kami.