Blog merupakan salah satu cara untuk mendapatkan uang secara online. Jika anda mencari di internet, banyak contoh blog yang menghasilkan uang. Misalnya dengan cara menghasilkan uang dari blog adsense. Banyak cara yang bisa anda lakukan untuk menghasilkan uang dari blog bahkan bagi anda yang masih pemula. Tapi banyak juga orang yang sudah menekuni dunia blogging namun tidak juga menghasilkan uang. Perhatikan penyebab blog gagal dan tidak menghasilkan uang berikut ini

Saat ini banyak freelancer yang menggeluti dunia blogging dikarenakan uang yang dihasilkan cukup menggiurkan. Dari mana blogger mendapatkan uang? Pertanyaan tersebut merupakan pertanyaan yang paling sering dilontarkan oleh orang.

Cara mendapatkan uang dari blog pun beragam, salah satunya melalui Google Adsense. Yah, Google Adsense adalah Salah satu program kerjasama periklanan melalui media Internet yang diselenggarakan oleh Google.

Cara mendapatkan uang dari blog pun beragam, tapi di sini saya tidak fokus membahas hal itu. Dalam kesempatan ini saya akan membantu rekan-rekan yang sudah menggeluti dunia blogging namun tidak juga mendapatkan penghasilan sesuai yang diinginkan.

Tenang saja, anda bukan satu-satunya bloger yang mengalami masalah tersebut. Berlama-lamaan di depan komputer siang malam namun tidak juga mendapatkan uang. Hal itu adalah hal yang biasa, namun tidak boleh anda biarkan.

Baca Juga : Cara Membuat Website yang Mudah dan Berkualitas

Membuat blog itu bisa dilakukan oleh siapa saja. Tapi tidak semua orang bisa mengolah blognya dengan benar. Uang yang dijanjikan blog membuat banyak orang ingin terjun di dunia blogging. Namun mereka tidak mempersiapkan hal yang matang dan akhirnya mereka pun gagal.

Penyebab Blog Gagal

Perhatikan hal-hal yang membuat blog anda gagal menghasilkan uang berikut ini

Terfokus Pada Uang

Banyak blogger yang gagal karena terlalu terfokus untuk mendapatkan uang. Iya memang, kita membuat blog untuk mendapatkan uang. Tapi jika anda hanya terfokus kepada uang, maka hasil yang anda harapkan pun akan sulit anda dapatkan. Daripada anda fokus kepada uang, sebaiknya anda lebih fokus menjadi penulis dengan topik yang anda sukai. Jadikan menulis sebagai hobi anda.

Tulislah konten yang sesuai dengan passion anda. Misalnya anda suka dengan masak-memasak tulislah konten kuliner. Anda hobi traveling tulislah konten dengan hal serupa. Dengan menulis konten yang sesuai dengan passion anda maka tulisan anda membuat pembaca menjadi betah untuk membacanya. Anda tau bukan, keuntungannya jika banyak pengunjung yang mengunjungi situs anda?

Salah Dalam Memilih Niche Blog

Nah, kesalahan ini paling sering dilakukan oleh blogger pada umumnya. Niche yang salah membuat blogger menjadi bosan dan membuatnya malas menulis lagi. Saran kami, tulislah blog dengan niche yang cocok dengan anda.

Sesuaikan niche anda dengan kehidupan di sekitar anda. Misalnya target pembaca anda adalah orang Indonesia, sebaiknya anda memilih niche tentang kuliner. Karena orang Indonesia diidentik dengan kuliner yang beragam. Dan sekali lagi, pilihlah niche yang sesuai dengan passion anda. Dengan begitu, uang akan mengalir dengan sendirinya ke rekening anda.

Memiliki Banyak Blog

Nah, banyak blogger yang sering melakukan kesalahan ini. Mereka berasumsi bahwa memiliki banyak blog artinya banyak menghasilkan uang. Padahal dengan memiliki banyak blog yang nichenya berbeda akan membuat blogger tersebut tidak fokus. Mereka akan membuat konten yang tidak berkualitas dan bermanfaat.

Walaupun anda hanya memiliki satu atau dua blog, tapi isinya adalah konten yang bermanfaat dan berkualitas, maka blog tersebut akan berhasil. Memang keterampilan menulis bukan faktor utama untuk menjadi seorang blogger. Tapi dengan memiliki keterampilan menulis yang baik, anda akan menjadi seorang blogger yang sukses.

Tidak Pandai Mengatur Waktu

Banyak blogger yang hanya menjadikan blog sebagai pekerjaan sampingannya. Bisa jadi pekerjaan utamanya sebagai karyawan perusahaan, pegawai bank dan lain sebagainya. Jika anda termasuk salah satu orang tersebut, itu artinya anda harus pandai mengatur waktu anda. Banyak blogger yang tidak pandai dalam hal itu. Mereka asyik dengan pekerjaan utamanya lantas tidak memperdulikan blognya. Pandai-pandailah mengatur waktu anda!

Melanggar Aturan

Di dalam dunia blogging tentu tidak pernah terlepas dari aturan. Banyak aturan yang berlaku dalam dunia online ini. Misalnya mengklik iklan dari Google Adsense sendiri. Tidak jarang blogger di luar sana yang melakukan kesalahan ini.

Mereka tidak tau bahwa risiko yang akan didapatkan bukan hal yang sepele. Mereka yang melanggar aturan tersebut akan kena pinalti yang artinya selama 1 bulan iklannya tidak ditayangkan sampai kepada akun Adsense-nya ditutup.

Mudah Menyerah

Penyebab blog gagal lainnya yaitu mudah menyerah. Seperti yang sudah saya katakan tadi bahwa di dalam dunia blogging, tidak ada hal yang instant. Semuanya butuh kerja keras dan juga kesabaran. Banyak blogger yang menggeluti dunia blogging, tapi sekitar 3 bulan mereka bekerja tapi belum membuahkan hasil lantas mereka menyerah. Anda harus tau, blog yang bagus adalah blog yang sudah beroperasi selama 1 tahun. Jangan berhenti sampai anda menikmati hasilnya!

Kurang Promosi

Walaupun anda memiliki keterampilan menulis yang baik, memiliki konten yang berkualitas tapi promosi anda mogok, maka dijamin blog anda akan sepi pengunjung. Jangan berhenti mempromosikan blog anda. Ketika pengunjung anda kurang, maka itu akan memicu kemalasan pada diri anda.

Apakah anda pernah melakukan kesalahan yang menjadi penyebab blog gagal di atas atau bahkan sering? Jika iya, berhentilah dan berusaha untuk menjadi blogger yang profesional. Uang anda menunggu anda di sana! Fighting