Digital Marketing adalah sebuah strategi atau upaya untuk memasarkan suatu produk dan jasa melalui internet. Teori digital marketingpun telah banyak dibahas orang. Mulai dari materi digital marketing, jenis-jenis digital marketing sampai kepada konsep digital marketing. Semua itu akan saya bahas pada tulisan saya kali ini yang berjudul jenis-jensi digital marketing yang harus anda pahami.

Di zaman yang serba online ini membuat orang mudah dalam menjalankan bisnisnya. Hampir semua produk dan jasa dapat dipromosikan melalui media internet. Misalnya dengan menggunakan media website dalam berjualan. Misalnya seseorang sedang mencari sebuah artikel tentang fashion, ia akan diarahkan ke link website Penjualan pakaian.

Untuk lebih jelasnya mengenai pentingnya website untuk bisnis, anda bisa membaca tulisan saya sebelumnya yang membahas Manfaat Website Untuk Kelancaran Promosi Bisnis

Digital marketing sebuah terobosan baru yang dijadikan sebagai media pemasaran produk atau jasa yang dapat dilakukan oleh peseorangan ataupun perusahaan. Kita tau bahwa, saat ini sudah banyak orang yang menggunakan media sosial, dan pemilik usaha harus memanfaatkan kesempatan tersebut.

Dunia digital marketing bukanlah hal yang sederhana, banyak jenis-jenis digital marketing yang harus anda tau. Apakah itu? Simak ulasan berikut ini

Jenis-Jenis Digital Marketing

SEO

SEO adalah salah satu jenis digital marketing yang banyak dilakukan orang saat ini. Jenis digital marketing ini merupakan upaya pengoptimalan website agar dapat menduduki posisi teratas halaman Google. SEO sendiri terbagi menjadi dua yaitu SEO On Page dan SEO Of Page. Perbedaan kedua hal tersebut hanya berada pada strategi pengerjaannya.

SEM

SEM atau Search Engine Marketing merupakan tekhnik pemasaran di dunia internet yang fokus pemasarannya terdapat di halaman mesin pencarian. Pengoptimalan ini bertujuan agar sebuah website mudah ditemukan di mesin pencarian seperti Google, Yahoo, Bing dan lain sebagainya.

SEM sendiri memiliki banyak jenis diantaranya Ceawler based search engine, Hybrid Search Engine, Pay per Click, dan Direktori. Semua itu memiliki karakteristik yang berbeda-beda.

Content Marketing

Content marketing adalah sarana yang terdapat di dalam dunia digital yang sangat menunjang jalannya sebuah strategi pemasaran. Hal ini dikarenakan karena content marketing merupakan konsep yang berbentuk text yang bertujuan untuk menggambarkan kelebihan suatu produk. Oleh sebab itu, keahlian dalam menulis sebuah konten marketing sangat dibutuhkan agar dapat menarik perhatian konsumen.

Penulisan konten marketing juga bisa berupa review sebuah produk mengenai kelebihan dan hal lain dalam produk tersebut. Tapi, tidak semua pelaku usaha mengerti tentang bagaimana cara atau tekhnik dalam penulisan konten marketing yang berkualitas. Maka dari itu, mereka mempercayakan konten mereka kepada orang yang menawarkan jasa penulisan artikel SEO

Email Marketing

Email marketing merupakan tindakan mengirim pesan komersial, misalnya kepada sekelompok orang atau perusahaan menggunakan email. Jika anda memiliki Email, pasti anda pernah menerima email yang berisi promosi atau penawaran sebuah produk atau jasa dan sebagainya.

Iya, itu adalah email marketing yang dimana orang memanfaatkan list email untuk dijadikan media pemasaran. Strategi ini bisa dibilang strategi pemasaran yang paling ampuh, dikarenakan penawaran tersebut dikirimkan langsung ke inbox calon pelanggan.

Social Media Marketing

Di zaman modern ini siapa sih yang tidak tau apa itu sosial media. Sosial media bisa dikatakan kehidupan lain di dunia internet. Sosial media yang paling sering digunakan sebagai medaia pemasaran yaitu Instagram, Facebook dan Twitter.

Terlebih saat ini sudah banyak yang menggunakan sosial media Instagram sebagai media pemasaran online. Banyak manfaat yang bisa didapatkan melalui media pemasaran, misalnya dapat menjangkau pelanggan dari jarak jauh, memudahkan transaksi, memudahkan pengumpulan data konsumen dan lain sebagainya.

Mobile Adverstising

Para pengguna telpon seluler tentu tidak asing dengan jenis digital marketing satu ini. Digital marketing jenis ini bekerja dengan cara memunculkan iklan-iklan melalui fitur SMS dan MMS. Ada juga yang menggunakan media internet dengan cara memunculkan beberapa baris iklan di sebuah website yang nantinya ketika diklik akan mengarah ke website penjualan produk. Jenis digital marketing ini sangat membantu pemilik usaha dalam mempromosikan produknya, karena dapat menjangkau siapapun dan dapat mengefesiensi biaya promosi.

Affiliate Marketing

Affiliate Marketing atau yang sering disebut sebagai makelar atau perantara di dunian internet adalah sistem pemasaran yang mengandalkan penjualan dnegan sistem komisi. Logikanya, seseorang menawarkan jasa untuk menjualkan produk yang anda miliki. Setelah produk anda laku terjual, anda wajib memberikan komisi kepada orang tersebut. Anda pasti sudah tau marketplace besar seperti Bukalapak atau Lazada bukan? Mereka adalah perusahaan yang menerapkan sistem digital marketing Affiliate Marketing ini.

Itulah jenis-jenis digital marketing yang harus anda tau dan pahami. Semoga bermanfaat. Atau mungkin ingin tau lebih lagi mengenai digital marketing? Tanyakan kepada ahlinya dengan mengunjungi dimarta.com. Kami adalah situs penyedia jasa Digital Marketing terbaik untuk usaha Anda. Menyediakan berbagai macam jasa yang sangat Anda butuhkan untuk membawa bisnis Anda jauh lebih SUKSES.