Cara mengoptimalkan gambar di wordpress adalah informasi yang penting, pasalnya gambar adalah sebuah aspek yang dapat menunjang peningkatan traffic suatu web. Banyak hal yang harus diperhatikan dalam cara optimasi gambar. Untuk itu anda harus memperhatikan cara optimasi gambar di wordpress untuk meningkatkan peringkat website berikut ini.

Gambar sangat berpengaruh penting dalam sebuah website. Tanpa gambar, website anda seperti sebuah kota mati yang tak berpenghuni. Bahkan gambar adalah salah satu cara untuk menarik pengunjung untuk membaca isi konten anda. Maka dari itu anda harus menampilkan gambar yang terbaik untuk pengunjung anda.

Tapi yang harus anda tau, sebagus apapun dan semenarik apapun gambar itu jika tidak dioptimasi sama menulis di atas pasir yang tidak akan berdampak apa-apa. Kecepatan akses website menjadi salah satu tolak ukur penilaian terhadap rangking SEO. Kita tau sendiri bahwa ukuran gambar yang terlalu besar akan membuat website menjadi lemot.

Jadi hal yang harus dilakukan yaitu dengan mengubah ukuran gambar menjadi lebih kecil. Pertanyaannya, apakah Anda bisa mengupload gambar dengan kualitas yang baik tetapi ukurannya kecil? Untuk itu langsung saja kita lihat bagaimana cara optimasi gambar di wordpress berikut ini

Baca juga : 3 Tahapan Agar Website Bisa Masuk Ke Halaman 1 Google

Cara Optimasi Gambar di WordPress

Untuk mengoptimalkan gambar pada wordpress tidak begitu sulit, dengan mengikuti arahan dari saya, anda sudah bisa mengoptimalkan gambar pada website anda.

1. Ubah Ukuran Gambar

Dengan mengubah ukuran gambar menjadi lebih kecil, berarti anda sudah melakukan salah satu pengoptimalan gambar di wordpress anda. Anda tidak perlu bingung bagaimana cara memperkecil ukuran gambar. Karena Google telah merekomendasikan tool yang bisa anda pakai untuk mengedit ukuran gambar tanpa mengurangi kualitas suatu gambar yaitu menggunakan compressjpeg.com

2. Perhatikan Dimensi Gambar

Menyesuaikan dimensi gambar dengan website anda juga tidak boleh anda lewatkan dalam optimasi gambar. Misalnya blog wordpress anda berukuran 1280 x 720, maka usahakan anda menguplod gambar dengan dimensi yang sesuai. Dalam artian gambar dengan website anda harus seimbang. Jika dimensi gambar yang anda upload lebih besar dari dimensi yang dibutuhkan, maka gambar tidak bisa ditampilkan lebih besar dari dimensi yang tersedia.

3. Jenis File

Cara Optimasi Gambar di WordPress

Sama halnya dengan ukuran yang terlau besar, memilih format gambar yang kurang tepat dapat membuat website anda menjadi lambat. Ada 3 jenis file gambar yang ada di wordpress yaitu file JPEG, PNG dan GIF. Tapi saat ini sudah ada jenis file baru yang ukurannya lebih kecil yaitu WEB Page Image atau yang biasa disingkat dengan webP. Nah, sekarang anda hanya tinggal memilih file dengan ukuran yang paling kecil dengan kualitas yang baik

4. Beri Nama Gambar

Semua gambar yang ada di dalam sebuah konten juga harus diberi nama sebelum konten itu dipublish. Berikan nama gambar yang sesuai dengan judul konten anda itu. Tujuan pemberian nama pada gambar ini yaitu agar Google lebih mudah mengenali isi dari gambar tersebut.

5. Isi Kolom Alt Text

Alternate text atau Alt text tidak kalah penting dari poin-poin sebelumnya dalam mengoptimasi gambar di WordPress. Tujuannya yaitu agar nilai SEO postingan anda bertambah dengan adanya keyword-keyword turunan. Isilah kolom alt text dengan keyword yang relevan dengan judul konten anda.

6. Manfaatkan Leverage Browser Caching

Caching pada browser dapat membantu pengunjung website anda untuk mengakses gambar lebih cepat saat mereka datang ke dua kali atau lebih ke website anda. Pada kunjungan kedua, pengunjung anda sudah tidak perlu load lagi karena sudah tersimpan pada caching browser.

Misalnya anda mengakses bog ini, anda harus meng-load semua gambar yang ada di blog ini. Tapi di saat ke dua kalinya anda mengunjungi blog ini, anda sudah tidak perlu meng-load semua gambar lagi.

7. Sitemap Gambar

Jika anda menggunakan plugin Yoast SEO, anda tidak perlu lagi menyetting sitemap lagi karena hal ini sudah ditambahkan secara otomatis. Tapi bagi anda yang tidak menggunakan yoast SEO, anda harus memberikan nama file yang jelas, alt image yang relevan dengan judul dan menetapkan URL gambar. Hal tersebut bertujuan agar Google lebih mudah untuk melakukan indexing.

Oh iya, anda jangan sampai lupa untuk mengecek apakah gambar tersebut memiliki copyright atau memang free. Ini bertujuan agar anda tidak dituntut oleh pemilik gambar karena menggunakan gambarnya tanpa izin.

Dengan melakukan cara-cara di atas, anda akan lebih mudah untuk meningkatkan traffic pengunjung pada website anda. Demikian pembahasannya, semoga informasi yang akan saya berikan ini dapat bermanfaat buat anda. Jika ada tambahan, anda bisa mencantumkannya di kolom kementar.