Kalau kemarin saya membahas pertanyaan penting seputar SEO lengkap beserta jawabannya, kali ini saya akan mengajak belajar SEO WordPress bagi pemula seperti anda. Tentu belajar SEO wordpress ini saya akan bagikan secara gratis, lengkap dan mudah dipahami.

Saya mengajak anda belajar SEO karena saya tau persis betapa pentingnya belajar SEO sebelum terjun ke dunia blog.

Apa itu SEO?

SEO pertama kali digunakan pada tanggal 26 juli 1997 oleh pesan spam yang diterbitkan oleh Usenet. Pada waktu itu algoritma ranking mesin pencari tidak serumit sekarang dan masih gampang dimanipulasi.

Pada zaman dulu algoritma mesin pencari bekerja berdasarkan informasi yang ada pada meta tag di kote Html web mereka. Kita tau sendiri bahwa meta tag berfungsi memberikan deskripsi tentang apa yang terkandung dalam suatu halaman web. Tetapi pada waktu itu banyak orang yang memanipulasi isi meta tag dengan mengisi meta tag yang tidak sesuai dengan konten. Sehingga hasil dari pencarian tidak sesuai dengan apa yang sebenarnya orang cari.

Kenapa Harus Belajar SEO?

Seperti yang sudah saya katakan tadi bahwa belajar SEO adalah hal yang sangat penting sebelum terjun di dunia blogging. Kita tau bahwa di zaman sekarang ini internet merupakan salah satu kebutuhan yang tidak bisa ditinggalkan. Misalnya, mau makan bisa pesan secara online, beli baju melalui online, bayar tagihan melalui online, semuanya serba online.

Nah, kenapa harus WordPress? WordPress merupakan salah satu CMS yang mudah untuk dioptimasi dalam keperluan SEO. Mulai dari yang gratis sampai berbayar anda bisa menggunakan macam-macam plugin di WordPress ini. Jadi, saya sarankan untuk memakai wordpress sebagai platform yang tepat untuk anda pakai.

Persiapan Belajar SEO WordPress

Sebelum memulai belajar SEO, alangkah lebih baiknya saya mengingatkan anda untuk mempersiapkan hal-hal di bawah ini

  • Memiliki domain hosting
  • Sudah menginstall WordPress
  • Instal Plugin SEO

Belajar SEO WordPress

Apabila semua perlengkapan anda sudah lengkap, saatnya untuk memulai belajar SEO

1. Setting Permalink WordPress

Pada awalnya, permalink bawaan WordPress memang belum termasuk SEO Friendly atau ramah SEO. Sedangkan Google menyukai permalink yang di dalamnya terkandung keyword, bukan berisi tanggal, bulan, tahun atau nomor post.

Untuk mengaturnya agar menghasilkan permalink yang berkualitas, silahkan anda ubah dengan struktur domainAnda.com/%postname%? Sedangkan untuk settingnya silahkan ke menu Settings > Permalink > Custom Structure dan tulis seperti diatas.

2. Riset Keyword

Hal yang perlu untuk dilakukan sebelum membuat konten yaitu dengan melakukan riset keyword terlebih dahulu. Keyword merupakan salah satu kunci untuk mendatangkan pengunjung di website anda. Carilah keyword yang paling banyak dicari oleh orang tapi memiliki pesaing yang sedikit.

Dengan menggunakan riset keyword anda juga dapat melakukan mapping keyword sehingga SEO On Page anda semakin bagus. Dengan begitu, peluang anda untuk mendapatkan pengunjung jadi lebih besar.

3. Menulis Artikel SEO friendly

Artikel yang disukai oleh Google yaitu artikel yang ramah SEO. Ramah SEO artinya artikel yang pembahasannya lengkap disertai dengan Heading H1 untuk judul, Heading H2 dan H3 untuk Sub heading. Buatlah artikel sebaik mungkin dan selengkap mungkin.

Ya walaupun tidak semua blogger memiliki kemampuan menulis yang baik. Maka dari itu biasanya orang menggunakan jasa penulis. Tapi hati-hati dalam memilih penulis artikel, anda harus mengetahui tips memilih penulis artikel yang berbakat untuk blog anda

4. SEO Image

Di dalam ilmu SEO, yang dioptimasi itu bukan hanya artikelnya saja melainkan penting juga untuk mengoptimasi gambar suatu konten. Gambar yang ada pada konten WordPress juga bisa anda dorong ke halaman pertama Google dengan menggunakan teknik SEO.

Caranya mudah, anda cukup memaksimalkan Alternate Image/ Alt Image pada gambar. Tulislah sesuai dengan keyword yang bersangkutan dengan judul artikel anda. Dan juga jangan lupa pada nama file ubahlah dengan kata yang mengandun keywors pencarian.

5. Backlink

Backlink adalah aspek yang sangat penting dalam SEO. Untuk On Page anda dapat menyisipkan internal link dengan artikel lain yang keywordnya bersangkutan dengan artikel anda tersebut. OH iya jangan lupa untuk menautkan link ke home page website anda agar lebih kuat.

Yang terakhir, sisipkan link website anda ke website atau blog orang lain. Hal tersebut berutujuan agar website anda lebih dikenal oleh Google. Semakin berkualitas backlink anda, maka website anda akan lebih berpeluang untuk naik ke halaman pertama Google.

6. Optimasi Yoast SEO

Ada beberapa hal yang harus anda isi dalam mengoptimasi Yoast SEO wordpress yaitu :

  • Focus Keyprase. Keyword utama yang anda gunakan dalam penulisan sebuah artikel.
  • Slug. Berisi keyword yang berada pada postname permalink
  • Meta description. Penjelasan secara singkat tentang isi yang ada pada artikel tersebut.

Masukkan Tag

Tag merupakan keyword turunan yang bersangkutan dengan keyword judul utama konten. Isi tag tersebut harus sesuai dengan judul konten utama anda karena tag bertujuan untuk memberi tau isi dari konten anda tersebut seperti apa. Cara mencari tag sama halnya seperti melakukan riset keyword.

Nah sekian dari pembahasan belajar SEO WordPress bagi pemula, lengkap dan mudah dipahami. Anda perlu tau bahwa untuk mendapatkan hasil yang baik dalam SEO WordPress, membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Maka dari itu diperlukan kesabaran dan terus belajar sampai anda bisa menjadi blogger yang profesional.