Taukah anda bahwa selain membuat konten original dan membuat artikel yang menarik, ada 6 elemen pemicu popularitas konten yang wajib anda coba. Dengan mengetahui elemen tersebut saya pastikan anda akan lebih mudah untuk membuat artikel yang bagus untuk blog. Buatlah konten dengan elemen tersebut!

Popularitas sebuah konten tidak lepas dari kerja keras yang dilakukan oleh pembuat konten tersebut. Berbagai carapun dilakukan agar kontennya bisa diminati oleh banyak orang. Seorang blogger yang baik tentu tau apa yang harus dilakukan agar kontennya dapat menjadi populer.

Dengan popularitas yang tinggi dari sebuah konten, mampu meningkatkan peringkat dan traffic sebuah website. Apalagi jika website anda berupa website bisnis, konten yang populer dapat membantu peningkatan penjualan dari bisnis anda.

Konten apapun itu, entah itu berupa gambar, video, audio atau tulisan, anda harus memiliki teknik agar bisa menjadi populer nantinya.

Misalnya dengan cara menggunakan 6 elemen pemicu popularitas di bawah ini

Elemen Pemicu Popularitas Konten

Seorang ahli bernama Jonah Berger membagikan 6 elemen yang dapat membuat sesuatu menjadi populer melalui bukunya yang berjudul Contagious: Why Things Catch On

6 prinsip itu mampu membuat orang membicarakannya dan juga membagikannya kepada orang lain. Dengan mengikuti 6 elemen ini, anda akan mendapatkan banyak share dari pembaca dan juga lebih mudah untuk mendapatkan banyak backlink dari website lain

1. Kebanggan Diri

Alasan utama seorang melakukan share terhadap sebuah konten yaitu karena mereka ingin mendapatkan pujian. Contohnya si A membagikan video tentang perjuangan sosok Pahlawan untuk kemerdekaan Negara Indonesia. DIa membagikan konten tersebut ke teman-temannya karena dia mau dikatakan sebagai orang yang cinta dengan Tanah Air.

Konten yang dapat membuat orang menjadi bangga ketika membagikannya yaitu konten yang :

Belum Diketahui Oleh Sebagian Besar Orang

Membagikan sesuatu yang orang lain belum tau adalah suatu kebanggaan tersendiri. Dengan membuat konten yang isinya belum diketahui banyak orang, membuat orang membagikan kepada teman-temannya. Itu karena mereka ingin dianggap sebagai orang yang up to date dalam sesuatu yang baru.

Membahas Tentang Organisasi Tertentu

Entah itu negatif atau positif, seseorang tertarik dengan sesuatu yang dibahas secara eksklusif. Misalnya anda membahas sesuatu tentang organisasi A. Dengan begitu anggota organisasi A akan tertarik dengan konten yang anda buat dan dia membagikan konten ini kepada teman seorganisasi-nya dan di luar organisasi A.

2. Mudah Diingat

Seseorang akan membagikan konten yang mereka ingat. Kita akan secara berulang-ulang merekomendasikan konten anda setiap kali topiknya dibahas kalau konten anda mudah diingat.

Jadi bagaimana cara membuat konten yang mudah diingat?

  • Gunakan Istilah khusus yang lebih mudah diingat. Karena banyak orang yang lebih mudah mengingat tentang hal yang unik atau khusus daripada sesuatu yang umum. Dengan istilah khusus orang bisa lebih mudah menjelasakan konten anda kepada orang lain
  • Bukan hanya istilah khusus saja, tapi penting untuk menggunakan gambar yang khusus agar orang lebih mudah mengingat konten anda.

3. Topik yang Populer

Memang benar elemen ini adalah hal yang paling umum dalam tips pembuatan konten. Orang-orang sering membagikan konten dengan topik yang sedang populer.

Misalnya zaman sekarang lagi viral video tiktik, orang-orang akan membagikan konten yang berhubungan dengan topik tersebut. Anda bisa memanfaatkan hal itu dengan membuat konten yang berhubungan dengan topik yang lagi populer.

Topik bisa dikatakan populer apabila:

  • Sering jadi bahasan populer di suatu kalangan
  • Ada acara, event, atau kejadian baru
  • Suatu masalah besar yang belum ada panduan penyelesaiannya

Nah untuk selalu update mengenai topik yang lagi populer, anda harus melalukan beberapa cara yaitu :

  • Selalu mengikuti perkembangan berita mengenai topik utama anda misalnya melalui sosial media.
  • Bergabung di komunitas dengan topik yang sama dengan konten anda.
  • Pelajari mengenai keyword research untuk mengetahui jumlah pencarian suatu topik

4. Membangkitkan Perasaan

Buatlah konten yang dapat membangkitka perasaan pembaca, entah itu perasaan kagum, lucu, tawaan, bahagia dan lain sebagainya. Tapi dari semua itu kagum yang nilai presentasenya lebih tinggi. Misalnya dengan membuat artikel yang panjang dan berbobot, si pembaca akan merasa kagum dengan tulisan anda.

Apalagi jika apa yang mereka butuhkan ada di dalam artikel anda tersebut. Mereka akan dengan senang hati untuk membagikannya ke orang lain.

5. Bercerita

Sama halnya dengan guru yang memberikan materi pelajarannya dalam bentuk sebuah cerita, kita akan lebih mudah mengerti dan mengingat tentang pelajaran yang disampaikan tersebut. Walaupun sudah lama kita akan mengingat sedikit puing-puing dari ingatan itu.

Nah, begitupun dalam pembuatan konten, kita tidak cuma harus memberikan informasi saja, tapi alangkah baiknya jika kita bercerita dalam penyampaian isi konten itu. Dengan bercerita, kita dapat memancing emosi seseorang yang membaca konten anda.

6. Dapat Dipraktekkan

Jika anda membuat sebuah artikel, sebaiknya buatlah konten yang bisa langsung dipraktekkan oleh si pembaca.
Langkah-langkahnya yaitu :

  • Pilih topik yang bisa langsung dipraktekkan
  • Berikan langkah-langkahnya untuk mempraktekkan konten tersebut
  • Gunakan gambar untuk membantu popularitas sebuah konten.

Itulah 6 elemen yang menjadi pemicu popularitas sebuah konten. Oh iya Anda juga harus tau bahwa anda beberapa faktor yang menjadi penyebab blog gagal dan tidak menghasilkan uang. Dengan mempelajari semua itu, peluang anda untuk mendapatkan penghasilan yang besar semakin tinggi.