Kenyamanan pengunjung adalah hal nomor satu untuk membuat pengunjung menjadi betah. Website wordpress yang berat membuat pengunjung menjadi malas untuk menunggu website anda terbuka secara penuh. Optimasi loading website adalah solusinya, buat website menjadi ringan misalnya dnegan cara memperkuat server dan lain sebagainya. Di sini saya akan membagikan 10 cara ampuh mempercepat loading website wordpress untuk anda.

Website yang lemot membuat pengunjung merasa jengkel dan membuatnya meninggalkan website anda dan beralih ke website lain. Maka dari itu mengoptimalkan website khususnya pada wordpress adalah hal yang wajib anda lakukan.

Loading website wordpress yang cepat akan membawa dampak baik bagi blog anda. berikut manfaatnya

Manfaat Mempercepat Loading Website WordPress

Banyak manfaat yang akan anda terima apabila anda mempercepat loading website worpress anda yaitu

Bermanfaat Untuk SEO Website Anda

Google sendiri mengatakan bahwa kecepatan website adalah salah satu penunjang SEO wordpress anda. Dengan melakukan hal tersebut, website anda akan lebih mudah ditemukan orang karena akan lebih sering berada pada halaman pertama Search Engine.

Membuat Pengunjung Betah

Seperti yang sudah saya katakan tadi, loading wordpress yang lama membuat pengunjung akan beralih ke website lain. Buat pengunjung anda menjadi betah karena kecepatan loading website anda. Loading website yang cepat membuat pengunjung dapat langsung membaca isi konten anda. Semakin betah pengunjung berlama-lama di dalam blog nada maka indikator website anda benar-benar dioptimasi dengan baik.

Bagaimana, manfaatnya sangat berguna bukan untuk kelangsungan website anda? Maka dari itu percepat loading website wordpress anda dengan cara berikut

Cara Mempercepat Loading Website WordPress

Lakukan semua 10 cara ampuh untuk mempercepat loading website wordpress berikut ini

1. Gunakan Web Hosting Berkualitas

Menggunakan web hosting yang berkualitas adalah hal pertama yang anda harus lakukan agar loading website wordpress menjadi cepat. Percuma anda berusaha mempercepat loading website wordpress kalau anda tidak menggunakan web hosting yang berkualitas. Semua itu akan menjadi sia-sia saja. Pilihlah web hosting yang baik.

2. Jangan Gunakan Tema yang Berat

Tema website adalah hal yang juga berpengaruh bagi website anda. Menggunakan tema yang berat hanya akan memakan banyak sumber daya hosting. Oleh karena itu gunakan tema yang ringan. Akan tetapi, jangan juga menggunakan tema yang tidak menarik. Karena tampilan visual adalah hal yang sangat penting dalam website anda

Baca juga : Desain logo tanpa aplikasi

3. Hapus Plugin yang Tidak Perlu

Salah satu faktor penyebab loading website wordpress yang lambat yaitu memasang banyak plugin. Hal itu membuat website anda menjadi lambat dan berat. Banyaknya plugin membuat banyak query yang harus dijalankan sehingga membuat hosting anda menjadi overload. Sebaiknya anda menghapus plugin yang tidak pernah anda gunakan karena itu hanya akan membawa dampak buruk bagi website anda

4. Gunakan Plugin Chace

Pernahkah anda mengunjungi website yang ketika pertama kali anda kunjungi loadingnya terasa berat, namun jika anda mengunjunginya untuk kedua kali akan terasa lebih ringan daripada sebelumnya. Itu karena di dalam website itu terdapat cache.

Chace akan menyimpan data website ke dalam perangkat pengunjung dan akan ditampilkan saat pengunjung kembali ke website sebelumnya. Dengan begitu pengunjung tidak akan membutuhkan koneksi yang banyak untuk mengaksesnys karena data pengunjung telah disimpan oleh chace

5. Optimasi Semua Gambar

Hal lain yang perlu anda perhatikan yaitu mengoptimasi semua gambar yang ada di website anda. Bayangkan saja jika di dalam website anda terdapat dua sampai 4 gambar berukuran 2mb. Hal itu membuat website anda mejadi lambat karena pengunjung anda harus memuat semua gambar yang ada di website anda tersebut.

6. Gunakan CDN (Content Delivery Network)

Apabila website anda adalah website yang juga menargetkan pengunjung dari luar negeri, maka tekhnologi CDN ini harus anda gunakan pada website anda. Sebuah website yang dihosting pada server yang ada di Indonesia memang mudah dan cepat diakses dari Indonesia karena jaraknya yang dekat. Namun, berbeda dengan pengunjung yang berada di luar negeri yang ingin mengakses website anda. Mereka akan sulit memuat website anda di sana.

7. Gunakan AMP

AMP adalah fitur baru yang disedikan ketika website diakses melalui seluler/mobile. Fitur ini membuat ruang website anda menjadi lebih ringan jika diakses oleh pengunjung yang menggunakan seluler. Karena yang diload terlebih dahulu adalah text dan sangat ringan. Kebanyakan website yang menggunakan AMP ini adalah portal berita

8. Menggunakan VPS

Dengan menggunaka VPS, anda bisa akses penuh menggunakan server. Dengan VPS, otomatis anda bisa menyetting sendiri dan digunakan sendiri.

9. Optimasi Database WordPress

Hal terpenting lainnya dalam ini yaitu mengoptimasi database wordpress. Caranya pun tidak perlu repot-repot mengotak-atik database wordpress melalui cPanel. Anda hanya cukup menggunakan plugin optimasi database wordpress. Anda bisa menggunakan plugin optimasi database wordpress seperti Wp-Optimize dan WP-DBManager

10. Nonaktifkan Fitur Pingback

WordPress menyediakan fitur pingback, ya walaupun fitur ini tidak terlalu baik karena setiap kali seseorang berkunjung ke link kita, pingback yang dibuat akan membebani sumber daya server dan database website wordpress. Maka dari itu sebaiknya anda mematikan fitur itu untuk mempercepat loading blog wordpress anda.

Itu dia 10 Cara Ampuh Mempercepat Loading Website WordPress. Semoga bermanfaat