Cara meningkatkan SEO blog merupakan informasi yang penting untuk diketahui. Memang betul bahwa cara menggunakan SEO untuk meningkatkan peringkat dan traffic website bukanlah hal yang mudah. Diperlukan teknik dalam hal ini. Jadi hal apa saja yang mempengaruhi website memiliki SEO bagus? Mari temukan jawabannya di teknik SEO terbaik untuk meningkatkan rangking website berikut ini.

Banyak orang yang menggunakan teknik SEO yang salah. Teknik tersebut seperti Blog comment, guest book, article directory, blog network, pyramid, linkwheel, “web 2.0”, dan lain sebagainya. Apakah anda juga masih menggunakan teknik itu? Jika iya, silahkan hentikan. Walaupun anda belum terkena penalty, tapi jika anda tetap memakainya bisa saya pastikan anda akan terkena penalty di masa yang akan datang. Jadi segera hentikan.

Teknik-teknik di atas merupakan teknik black hat SEO, yang dimana kita tau merupakan cara SEO yang salah di mata Google. Memang ada beberapa orang yang memilih menggunakan teknik black hat SEO, karena katanya teknik white hat SEO hanya membuang-membuang waktu dan terlalu susah.

Jangan berpikir demikian. Sebaiknya anda menggunakan teknik white hat SEO yang sangat aman dan juga dapat menghasilkan dampak yang luar biasa.

Teknik SEO Terbaik

Ada beberapa teknik SEO terbaik yang wajib anda lakukan yaitu sebagai berikut

1. Backlink yang Aman

Link merupakan aspek yang sangat penting dalam melakukan SEO. Namun cara backlink yang salah justru akan membahayakan website anda. Misalnya backlink yang dilakukan dengan cara spamming akan menimbulkan risiko bagi website anda. Jadi, pilihlah backlink yang diperoleh atas izin dan sepengetahuan pemilik websitenya.

2. Struktur Link

Memang benar external link (backlink) merupakan faktor rangking yang kuat untuk sebuah website. Saking terfokusnya kita di backlink, sering kali kita lupa meremehkan internal link. Padahal sebenarnya internal link tidak kalah penting karena berpengaruh di mesin pencari pembaca melihat tingkat kepentingan setiap halaman berpengaruh dari berapa jumlah internal linknya.

Struktur yang baik bagi sebuah website yaitu struktur yang memiliki beberapa halaman utama selain homepage. Nah di halaman-halaman utama ini lah anda harus mengisinya dengan konten yang memiliki manfaat tinggi bagi si pembaca. Jadi usahakan anda menghubungkan konten penunjang anda ke konten utama anda.

3. Tingkatkan Isi Artikel Lama Anda

Konten yang berkualitas adalah konten yang berbobot. Semakin berbobot artikel anda, maka semakin besar peluang artikel tersebut menjadi populer. Mengapa demikian, karena artikel yang berbobot tentu memiliki isi yang lebih lengkap.

Jadi seberapa panjang artikel yang bagus? 500 kata? 700? 1000?

Itu terlalu sedikit, yang benar adalah 2500 kata

Sebuah studi telah menganalisa hubungan antara panjang artikel dengan posisi di hasil pencarian Google.

Dan jawabannya adalah benar bahwa semakin panjang artikelnya maka semakin tinggi peluang artikel tersebut berada di peringkat yang tinggi.

Tapi ingat artikel yang panjang tidak semuanya berbobot. Banyak penulis yang sengaja memperbanyak basa-basi agar artikelnya terlihat panjang. Padahal bukan itu yang dimakud. Artikel berbobot adalah artikel yang berisi pembahasan inti dari topik konten. Isilah artikel dengan informasi yang bermanfaat bagi si pembaca.

4. Perbaiki Judul Konten Lama

Konten dengan isi yang menarik tidak ada artinya jika judulnya tidak menarik. Karena judul adalah penarik pertama yang membuat pengunjung mau membaca artikel anda. Bukan cuma bagi pengunjung saja, dari segi SEO penggunaan judul yang baik bisa meningkatkan ranking halaman anda.

Hal tersebut terjadi karena keberadaan kata kunci judul. Kata kunci judul yang tepat membuat Google menganggap bahwa konten kita sesuai dengan apa yang dicari oleh pengguna. Jadi intinya buatlah judul yang menarik dan sesuai dengan keyword dari konten tersebut

5. Lakukan Riset Untuk Konten Berikutnya

Membuat konten yang berkulitas tidaklah gampang. Dibutuhkan sebuah perencanaan dan riset terlebih dahulu. Konten yang berkualitas itu konten yang telah direncanakan dengan matang agar isinya tidak dangkal dan memiliki referensi yang dipercaya. Dengan melakukan semua itu, artikel anda akan mendapatkan peringkat yang bagus.

Banyak yang mengatakan bahwa lebih mudah membuat 5 konten biasa dalam sehari dibandingkan membuat 1 konten berkualitas dalam 2 hari. Itu memang benar.

Nah sebelum melakukan riset, carilah ide untuk membuat konten. Jika anda belum punya, anda bisa melihat cara menemukan ide konten di tulisan saya sebelumnya.

Nah setelah itu waktunya untuk melakukan riset, dengan langkah di bawah ini:

  • Cari konten lain di Google dengan topik yang sama
  • Kemudian bukalah situs komunitas seperti Kaskus atau Reddit dan carilah diskusi menarik yang sesuai dengan topik anda.
  • Anda juga bisa mencari referensi di Youtube
  • Catat semua poin penting yang anda temukan dari referensi di atas kemudian susunlah menjadi sebuah konten.

Pasang Outbound Link

Memasang outbound link bukan hanya bertujuan untuk menghias konten kita atau menambah warna hijau pada indikator penilaian Yoast SEO. Tapi juga bertujuan untuk bagaimana mempengaruhi Google memandang baik website kita.

Maksudnya :

  • Jika anda memasang link website yang terpercaya, maka akan terlihat bahwa konten anda juga bisa dipercaya.
  • Menautkan link ke website lain yang sesuai dengan konten anda bisa memberitahu Google bahwa topik mereka sama dengan topik konten anda.

Namun, banyak orang yang tidak memasang outbound link karena percaya dengan rumor yang beredar bahwa outbound link justru memberikan dampak buruk bagi website kita. Padahal anggapan itu salah.

Bahkan orang dalam Google (John Mueller), mengeluarkan statement bahwa outbound link adalah salah satu faktor rangking positif.

Ubah Konten Dalam Bentuk Video

Selain Google, mesin pencari terbesar kedua adalah Youtube. Dengan mengubah konten menjadi sebuah video, anda tidak hanya bisa mendapatkan backlink tapi juga dapat meningkatkan traffic.

Untuk mengubahnya anda bisa mengubah file presentasi tadi menjadi format video menggunakan Microsoft PowerPoint. Yaitu dengan menu Export > Create Video. Setelah video anda sudah siap, silahkan upload ke Youtube. Berikan judul deskripsi yang menarik agar video anda bisa mendapatkan ranking yang tinggi. Dan jangan lupa untuk menyertakan link menuju konten asli anda.

Gunakan Akun Sosial Media Anda

Salah satu penyumbang traffic terbesar yaitu sosial media. Tapi bukan berarti anda menggunakan sosial media dengan cara memanfaatkan tool yang otomatis mengirimkan RSS seperti Twitterfeed. Anda harus aktif di sosial media karena dengan begitu ada banyak manfaat yang anda akan terima.

Ketika link sosial media anda populer, maka ranking website anda akan tinggi di Google. Itu karena sosial sharing bisa mempercepat konten anda terindex oleh Google dan link nofollow akan meningkatkan ranking website anda.

Sebagian besar blogger di luar sana memilih menggunakan teknik black hat SEO daripada teknik white hat SEO. Padahal teknik white hat lebih bisa menjamin kesuksesan suatu website. Dan yang paling penting teknik ini dijamin 100% aman.

Seperti Jasa Seo yang kami tawarkan. Kami bekerja dengan cara mengoptimalkan kata kunci potensial untuk mendatangkan trafik pada website guna meningkatkan konversi sales.

Itulah teknik SEO Terbaik yang bisa saya bagikan. Jika ada tambahan, silahkan isi di kolom komentar. Terima kasih