Mendapatkan uang dari internet bukanlah hal yang sulit. Banyak cara yang bisa anda lakukan agar bisa menghasilkan uang salah satunya dengan blog. Memiliki blog bukan hanya bisa dimiliki oleh orang yang paham dengan bahasa pemograman saja. Siapapun bisa memiliki blog termasuk Anda. Strategi membuat blog saat ini sangat mudah, apalagi dengan adanya CMS yang menawarkan kemudahan dalam pembuatan blog, bahkan anda tidak perlu coding sama sekali.

Memang pembuatan blog itu sangat mudah, tapi bukan berarti menghasilkan uang dari blog tidak membutuhkan strategi. Untuk menghasilkan uang dari blog, diperlukan sebuah strategi dan pengetahuan yang cukup. Jika anda tidak tau apa-apa tentang dunia blogging, bisa dipastikan anda akan kalah dengan blogger lain.

Anda harus tau bahwa hanya sedikit blogger yang berhasil dalam menjalankan blognya. Banyak orang yang memulai blog dan meangkhirinya dengan keputus-asaan. Itu karena mereka menjalankan blognya tanpa adanya strategi dan pengetahuan. Maka dari itu saya tidak mau anda menjadi seperti mereka. Dengan artikel yang membahas cara membuat blog untuk menghasilkan uang bagi anda yang masih pemula, saya harap anda bisa sukses dalam blog anda. Perhatikan!

Strategi Membuat Blog Untuk Menghasilkan Uang

Anda harus benar-benar memperhatikan strategi membuat blog yang akan saya bagikan ini agar waktu dan tenaga anda tidak terbuang percuma tanpa adanya hasil yang anda peroleh. Berikut stateginya

1. Menentukan Topik Blog

Tanpa ada topik maka blog tidak akan bisa dibuat dan tanpa topik yang menarik, blog anda akan sepi pengunjung. Untuk pemilihan topik sebaiknya anda hanya terfokus pada satu topik saja, tidak boleh campur-campur. Jika anda suka di bidang kesehatan, maka buatlah blog dengan topik yang berhubungan dengan kesehatan.

Intinya anda harus membuat blog dengan topik yang sesuai dengan passion anda. Jika anda memilih topik yang tidak anda sukai, maka bisa saya pastikan anda akan kesulitan mencari ide dalam membuat konten untuk blog anda.

Untuk memilih topik blog yang tepat, silahkan kunjungi artikel Cara Termudah Menemukan Topik Konten Blog

2. Memilih Domain Hosting

Jika anda sudah menetapkan topik pada blog anda, langkah selanjutnya yaitu memilih domain atau web hosting. Ini merupakan hal yang sangat penting dan harus anda lakukan. Pilihlah domain dengan kualitas terbaik

3. Instalasi WordPress

Sebelum melakukan instalasi wordpress, anda harus tau terlebih dahulu perbedaaan blog dan website. Blog merupakan web yang berisi tulisan, gambar, video dan kolom untuk meninggalkan komentar pada konten yang dibagikan. Sedangkan website adalah sebuah halaman yang menggunakan domain dan hosting.

Website biasanya dikelola oleh individu, organisasi, perusahaan, instansi, pemerintahan dan lain sebagainya. Untuk instalasi WordPress anda tidak perlu bingung, karena ada banyak tutorial di internet tentang cara instalasi wordpress

4. Memasang Plugin WordPress

Jika anda sudah memasang wordpress, langkah selanjutnya yang harus anda kerjakan yaitu memasang plugin wordpress. Dengan memasang plugin pada, wordpress anda akan lebih optimal. Sebenarnya ada banyak plugin yang tersedia, namun saya menyarankan agar hanya memasang plugin yang penting saja.

Semakin banyak anda memasang plugin maka akan berdampak buruk bagi web anda misalnya akan membuat wordpress anda error 404 Not Found. Untuk mengatasinya silahkan kunjungi artikel ini

Nah, plugin apa saja yang penting untuk wordpress anda? berikut plugin yang wajib anda pasang

  • Plugin keamanan WordPress
  • Memasang Plugin kecepatan WordPress
  • Plugin backup WordPress
  • Pasanglah Plugin SEO WordPress
  • Plugin sosial media WordPress
  • Plugin anti spam WordPress

Untuk memastikan keakuratannya, sebelum mendownloadnya, lihatlah review dari pengguna tentang plugin tersebut.

5. Pilih Theme

Banyak blogger di luar sana yang tidak mengerti tentang bagaimana memilih theme yang baik. Sebagian orang hanya memperhatikan tampilan theme yang bagus untuk blog mereka. Anda harus memilih theme yang SEO Friendly agar ranking blog anda lebih mudah naik di mesin pencari. Pilihlah theme yang menarik, responsif dan juga ringan.

Jangan sampai anda memilih theme yang berat karena hanya dapat membuat loading website anda menjadi lemot. Untuk mengatasinya, saya sudah membahasnya pada artikel sebelumnya di 10 Cara Ampuh Mempercepat Loading Website WordPress

6. Konten Blog

Jika semuanya sudah siap, sekarang waktunya untuk mengisi blog anda dengan konten. Dalam membuat blog juga tidak boleh asal-asalan, banyak hal yang harus anda perhatikan misalnya :

  • Konten yang anda buat harus original
  • Buatlah konten semenarik mungkin
  • Memiliki kredibilitas tinggi
  • Buatlah konten dengan pembahasan yang lengkap
  • Gunakan bahasa yang mudah dipahami
  • Bermanfaat

Itulah hal-hal yang harus anda perhatikan dalam menulis konten. Setelah mengetahuinya, langkah selanjutnya yaitu postinglah konten setiap hari dengan topik yang menarik.

Nah, untuk mendapatkan penghasilan dari blog, syarat utamanya yaitu blog anda harus memiliki traffic yang tinggi. Jika anda memiliki traffic yang spesifik, ikutlah program Affiliate marketing. Anda juga bisa mengikuti program PPC (Pay Per Click), dimana program ini adsense akan membayar anda setiap klik iklan yang dilakukan oleh pengunjung anda. Semakin banyak pengunjung anda, maka semakin besar peluang anda mendapatkan bayaran dari iklan tersebut.

Itulah strategi membuat blog untuk menghasilkan uang bagi anda yang masih pemula. Semoga sukses