Membangun Internal link sama saja berarti kita membangun struktur website. Internal dan external link (backlink) sebenarnya memiliki pengaruh yang sama, hanya saja internal link dapat dikendalikan 100% oleh pemilik website, mulai dari jumlah, lokasi dan strukturnya. Untuk itu perhatikan strategi membangun struktur website berikut in

Untuk membangun struktur website yang kuat, tidak cukup hanya mengandalkan ‘related post’ dan link di menu navigasi. Ada beberapa teknik yang harus anda kuasai agar website anda menjadi lebih kokoh.

Apa Itu Internal Link?

Sebelum berbicara lebih lanjut mengenai cara membangun struktur link yang kuat, ada baiknya untuk membahas dulu apa itu internal link.

Internal link adalah link (tautan) dari satu halaman ke halaman lain di dalam sebuah website. Internal link bisa di ibaratkan sebagai pondasi rumah. Bayangkan saja jika pondasi rumah dibuat asal-asalan saja tentu rumah tersebut tidak akan berdiri kokoh. Suatu saat rumah tersebut akan roboh. Begitu juga dengan internal link pada website.

Ada 3 tujuan utama dari link dalam website:

  1. Untuk memudahkan navigasi pengunjung
  2. Membentuk struktur website
  3. Mendistribusikan otoritas ke halaman lain website

Tips Membangun Internal Link

Perhatikan cara-cara membangun internal link berikut untuk menciptakan struktur website yang baik.

1. Sisipkan Link Dalam Konten

Penempatan link yang paling baik yaitu link yang berada di antara kalimat-kalimat dalam konten. Itu karena link akan terlihat lebih alami, potensi pengunjung untuk mengklik lebih besar, dan kaya dengan kata kunci.

Jangan memasang link yang menuju suatu halaman tertentu lebih dari satu agar tidak mengganggu pembaca. Lebih baik pasang link ke 2-3 halaman yang berbeda di 1 artikel daripada 2-3 ke halaman yang sama.

2. Gunakan Anchor Text

Sama halnya dengan backlink, memasang internal link juga harus menggunakan anchor text. Jangan menggunakan frase genetik seperti “klik disini” atau “halaman ini”. Kecuali jika anda terpaksa harus menggunakan kata itu.

Jangan juga menggunakan frase yang terlu dipaksakan. Sisipkan kalimat yang senatural mungkin agar enak dibaca.

3. Hindari Link Menuju Homepage

Jangan memasang link di dalam konten meunuju ke homepage karena, sudah banya link di website Anda yang menuju homepage. Kesalahan ini adalah yang paling sering dilakukan orang. Bahkan ada orang yang memasang link ke halaman sendiri, itu percuma saja.

Halaman lain yang tidak membutuhkan optimasi terhadap mesin pencari seperti kontak, tentang, dan peraturan juga tidak perlu anda tautkan.

4. Hanya Menghubungkan Halaman yang Relevan

Banyak orang yang menghubungkan link ke konten dengan topik yang tidak serupa. Padahal itu hanya akan merusak struktur sebuah website. Pastikan Anda hanya menautkan link dengan topik yang sama.

Misalnya Anda menghubungkan halaman bertopik tips mencerahkan wajah dengan halaman bertopik tips melembutkan rambut.

Jangan menghubungkan halaman betopik resep udang sambal dengan halaman bertopik tips memperbaiki handphone. Itu sama sekali tidak berhubungan.

5. Dofollow

Dalam penautan link ada dua macam yaitu link dofollow dan link nofollow. Sebaiknya Anda berhati-hati dengan hal ini, jangan sampai anda memasang rel=”nofollow” untuk seluruh link yang ada di website Anda. Mengapa, karena link nofollow dianggap tidak berfungi untuk mendistribusikan halaman ke halaman lain. Dalam artian link nofollow dianggap percuma secara SEO.

Baca juga : Teknik SEO Untuk Meningkatkan Ranking Website

6. Batasi Jumlah Site-Wide Link

Link yang muncul di semua halaman website misalnya pada navigasi header, sidebar, dan footer akan menyebabkan struktur menjadi kurang bagus. Bukan hanya itu site-wide yang berlebihan dapat mengganggu pengunjung Anda.

7. Hindari Anchor Text Monoton

Kebanyakan orang memilih anchor text menggunakan kata kunci utama. Ya itu tidak salah, tapi pengunjung akan menilai artikel Anda monoton. Seharusnya Anda menggunakan anchor text yang bervariasi, jangan memakai anchor text yang sama setiap kali Anda membuat link. Misalnya :

  • Tips mencerahkan wajah
  • Tutorial mencerahkan wajah
  • Cara alami menghilangkan jerawat

Internal link adalah hal yang sangat penting dan perlu diperhatikan agar website tetap terstruktur dengan baik. Itulah strategi membangun struktur website yang kokoh dengan internal link. Jika masih ada tambahan, anda bisa menambahkannya di kolom komentar. Terima kasih