Cara jualan online tanpa modal adalah salah satu bisnis yang lagi tren saat ini. Misalnya dengan cara bisnis online baju, dapat dilakukan tanpa modal di dunia online ini. Jika saat ini anda memulai bisnis online dari nol, anda harus memperhatikan cara memulai berjualan online untuk mendapatkan pembeli dengan cepat.

Banyak yang mengira bergelut di dunia bisnis online adalah cara berjualan yang sangat mudah. Tapi tidak demikian. Bayangkan saja kurang lebih 90 juta pengguna internet di Indonesia, tentu ada beribu-ribu pasar online di sini. Dalam satu kompleks pasar offline saja, tanpa adanya strategi sulit untuk mengalahkan pesaing lain. Apalagi di dunia bisnis online, bukan?

Tapi jika anda bersungguh-sungguh dan memperhatikan artikel ini dengan baik, anda akan tau apa saja yang harus anda lakukan sebelum memulai berjualan online.

Cara Memulai Berjualan Online

Mungkin anda berkata, “ah saya gaptek, saya tidak tau cara menggunakan tekhnologi dengan baik. Bagaimana bisa saya memulainya? Tenang saja, karena langkah-langkah yang saya berikan akan mudah dimengerti sekalipun orang yang gagap di teknologi.

Satu Kesalahan Terbesar yang Sering Dilakukan

Berjualan secara online sebenarnya gampang, apalagi semenjak adanya marketplace seperti FJB Kaskus, OLX, Tokopedia dan lain sebagainya.

Atau bisa juga di sosial media seperti di Facebook, Instagram dan sosial media lainnya. Terus apa yang jadi masalahnya?

Kesalaha yang biasa orang lakukan yaitu mereka berjualan di tempat yang bukan milik mereka sendiri, ibaratnya mereka menumpang berjualan di rumah orang lain. Apakah anda seperti itu juga? Jika iya, sebainya hentikan karena bisa saja sewaktu-waktu usaha anda bisa ditutup.

Tidak hanya itu, bisnis anda akan sulit berkembang. Banyak orang yang mengandalkan sosial media untuk menjual produk mereka. Ya memang, mereka tidak kehabisan pembeli tapi bisnisnya tetap begitu-begitu saja tanpa adanya perkembangan.

Nah, kembali ke topik awal tentang bagaimana cara memulai berjualan online yaitu dengan mengikuti 5 langkah berikut ini

Pahami Apa yang Anda Jual

Kalau anda tidak paham dengan produk apa yang anda akan jual kenapa mau memulai berjualan online? Mungkin tahap ini terdengar sangat sederhana, tapi banyak pebisnis di luar sana yang mau memulai berjualan online tapi tidak tau seperti apa produk yang dia akan jual.

Bukan cuma tau saja, tapi anda harus sampai ke detail-detailnya. Pemahaman anda mengenai produk yang akan anda jual dapat membantu anda dalam mengetahui kualitas produk yang dijual. Anda juga tidak akan salah dalam memberikan harga produk karena anda sudah tau berapa harga beli dan harga jual yang pantas.

Kedua anda harus tau selera pasar. Ketahui apa yang paling banyak orang suka, model seperti apa yang ingin mereka anda punya. Dengan mengetahui itu, dijamin barang yang akan anda jual mendapatkan banyak pembeli.

Dan yang ketiga, jual produk yang paling banyak orang cari di mesin pencari Google. Cari apa yang paling banyak orang cari di Google Keyword Planner. Dari situ tersebut, anda dapat melihat seberapa tinggi volume produk yang akan anda jual dicari orang.

Jika anda melihat volume produk tersebut sangat tinggi, pertimbangkan terlebih dahulu sebelum menjualnya. Semakin banyak pesaing, maka semakin sulit untuk mendapatkan pembeli. Juallah produk yang masih jarang dijual oleh orang lain.

Riset Kompetitor

Hal yang tidak kalah penting yaitu mencari tau seperti apa kompetitor anda. Anda bisa mencarinya di platform online marketplace seperti Shopee, Bukalapak, Tokopeda dan lainnya. Di sana anda bisa melihat seperti apa produk yang mereka tawarkan sehingga mendapatkan banyak pembeli.

Di sana tentu banyak respon yang ditinggalkan oleh si pembeli. Entah itu buruk atau baik, anda bisa memanfaatkan hal tersebut. Manfaatkan kelemahan kompetitor anda dengan melihat keluhan pembeli tersebut. Jika mereka mengeluh dengan responnya yang lambat, anda bisa menawarkan penjualan bisnis anda yang fast respon.

Cari Supplier

Tidak ada salahnya mencari supplier di pusat grosir. Tapi, di situ anda akan kesulitan mendapatkan keuntungan dari produk yang kamu jual. Sebaiknya anda mencari supplier seperti di luar negeri atau dengan mendatangi sentra pengrajin di daerah-daerah.

Di tempat seperti itu, anda akan mendapatkan harga beli yang murah dan dapat anda jual dengan harga yang jauh lebih pantas dibandingkan di pusat grosir.

Pertahankan Citra Brand Anda

Hampir sebagian orang takut dalam berbelanja secara online dikarenakan banyaknya penipuan berkedok online shop. Banyak pebisnis online yang mengawali bisnisnya dengan cara yang asal-asalan saja tanpa ada persipan yang matang.

Misalnya dengan pemberian nama brand bisnisnya dan pembuatan logo untuk perusahaan. Mereka tidak menyadari bahwa kepercayaann orang-orang untuk membeli terbangun dari citra bisnis itu sendiri.

lihatlah brand yang sudah terkenal misalnya KFC dan McDonalds. Nama brand dan logo mereka sudah dikenal sejak dulu hingga sekarang dari segala penjuru. Itu karena mereka selalu menjaga citra brand mereka, dengan memberikan pelayanan terbaik dan juga cita rasa makanan terbaik yang mereka tawarkan.

Promosi

Bisnis online tanpa promosi sama halnya dengan bunuh diri. Mengapa demikian? Ya tentu, jika anda tidak mempromosikan bisnis anda, bagaimana cara orang mengenal produk anda?

Promosi produk bisnis bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan, saya sudah membahas sebelumnya tentang Kiat Sukses Mempromosikan Bisnis.

Di situ anda bisa mempelajari bagaimana strategi yang tepat untuk mempromosikan bisnis anda di sosial media.

Dengan mengikuti 6 cara memulai berjualan online di atas, saya percaya anda akan mudah mendapatkan pembeli dengan cepat. Salam sukses!