Menjadi Copywriter merupakan hal yang mudah bagi sebagian orang, terlebih bagi orang yang sudah memiliki pengalaman menulis. Tapi bagaimana dengan orang yang masih awam atau pemula? Menjadi copywriter membutuhkan teknik khusus yang akan saya bagikan dalam 3 langkah menulis iklan yang menjual.

Ada beberapa alasan yang membuat orang menganggap bahwa menjadi copywriter adalah hal yang sulit. Memang benar menulis iklan yang mampu menarik pembeli lebih sulit daripada menulis artikel biasa. Tapi jika anda berusaha dan mau belajar pasti anda akan bisa.

Apalgi di era digital yang semakin maju seperti sekarang ini, teknologi yang berkembang semakin pesat membuat kita lebih mudah dalam menjalankan aktifitas seperti pembuatan artikel yang sedang anda baca sekarang.

Banyak manfaat yang dapat diperoleh jika memasang iklan di dunia digital ini. Sebelumnya sudah saya bahas di Alasan Kenapa Anda Harus Memasang Iklan Secara Digital.

Ada yang mengatakan membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk menjadi copywriter yang handal. Padahal sebenarnya tidak seperti itu, karena dengan mempelajari 3 langkah menulis iklan yang menjual berikut ini, anda sudah bisa menarik pembeli melalui konten anda.

3 Langkah Menulis Iklan Yang Menjual

Ketiga langkah di bawah ini masing-masing memiliki aspek penting yang harus anda perhatikan dalam pembuatan copywriting

1. Sebelum Menulis

Sebelum anda menulis iklan, anda harus memperhatikan 4 bagian berikut ini

#Tentukan Target Pelanggan Anda

Tidak semua pengunjung berniat untuk membeli produk anda. Ada sebagian orang yang hanya datang membaca lalu pergi tanpa melakukan pembelian. Anda harus tau satu hal bahwa tidak semua orang membutuhkan produk anda. Untuk mengefisiensi biaya pengiklanan, anda harus melakukan target pelanggan ideal anda, kepada siapa anda mau menjual produk anda.

Iklan yang menjual adalah iklan yang ditujukan kepada satu jenis pembaca saja. Buat si pembaca merasa bahwa iklan itu khusus ditujukan untuk dia.

Seperti yang sudah saya katakan tadi bahwa tidak semua orang datang ke situs anda untuk membeli, bisa saja mereka hanya ingin membaca dan melihat isi konten anda.

Satu pertanyaannya, anda ingin pembaca atau pembeli? Tentu pembeli bukan?

Maka dari itu anda harus fokus menulis iklan untuk menarik orang yang tepat. Orang tepat yang dimaksud yaitu orang yang benar-benar menginginkan produk anda, dan siap membelanjakan uangnya untuk memiliki produk tersebut.

Untuk mendapatkan orang-orang seperti itu cukup hanya dengan memikirkan seseorang yang punya masalah yang dimana produk anda sebagai solusinya. Misalnya anda menjual jaket. Targetlah orang yang tinggal di daerah bercuaca dingin.

#Menyiapkan Fakta-Fakta Pendukung Kredibilitas

Dalam menulis iklan akan lebih mudah jika anda memiliki bahan yang tertulis. Maka dari itu siapkan fakta-fakta pendukung kredibilitas dengan cara mencatat semua data-data yang anda butuhkan.

#Temukan Keunggulan Produk Anda

Yang harus anda tau bahwa konsumen tidak membeli produk anda melainkan membeli manfaat dari produk anda. Percuma mereka membeli produk yang tidak bermanfaat bagi diri mereka. Anda harus menunjukkan keunggulan produk anda kepada mereka. Apakah produk Anda bisa membuat mereka bahagia, lebih langsing, sehat, lebih kaya dan lain sebagainya.

Meskipun produk Anda merupakan produk yang mereka cari, tapi jika anda gagal menujukkan manfaat yang bisa mereka peroleh dari produk Anda, itu percuma saja. Mereka tidak akan membeli produk Anda.

#Cara Membuat Penawaran

Ini adalah tahap yang terpenting dalam langkah sebelum menulis. Karena penawaran merupakan elemen terpenting dari sebuah iklan. Maka dari itu anda harus memperkuat penawaran anda hingga orang tidak bisa mengabaikannya.

Sederhananya, penawaran yaitu jawaban Anda pada konsumen yang bertanya:

“ Apa yang Anda punya untuk saya ?”

Dengan kata lain, penawaran merupakan definisi dari iklan itu sendiri, yaitu Anda memberitahu orang-orang apa yang Anda jual.

2. Menulis Iklan

Ada dua langkah dalam menulis iklan yaitu:

#Struktur Formula Iklan

Sederhananya formula yang dimaksud adalah struktur body iklan mulai dari pembuka sampai kepada penutup. Anda harus paham dalam hal struktur body iklan ini agar iklan anda tertata dengan rapi. Untuk itu saya akan bagikan contoh struktur body iklan yang tepat

Struktur Body Iklan

  • Penawaran Apa yang Anda punya ?
  • Mengapa harus tertarik pada penawaran Anda ?
  • Mengapa harus percaya pada perkataan Anda ?
  • Buktikan kredibilitas produk Anda
  • Beritahu manfaat produk Anda
  • Perintahkan untuk memesan sekarang
  • Bagaimana cara memesan ?
  • Apa konsekuensi dan kerugian jika tidak membeli produk Anda ?
  • Apakah ada kelangkaan ?

3. Mengedit

Langkah terakhir dalam pembuatan iklan ini yaitu mengedit sebelum mem-publikasikan iklan Anda.

Setelah Anda menyiapkan naskah iklan, Anda harus melihat terlebih dahulu isi iklan Anda. Tips mengedit iklan yaitu

  • Baca dengan keras. Jika ada kesalahan kalimat yang terdengar, itu artinya kalimat tersebut buruk untuk dibaca.
  • Buang kata-kata yang tidak perlu. Banyak orang yang masih mengabaikan hal ini. Mereka kebanyakan menggunakan kata-kata yang tidak perlu. Sebaiknya Anda menggunakan kata-kata yang lebih singkat tapi tetap powerfull. Kata-kata tersebut misalnya “Bahwa”, “Adalah”, “Sangat”.
  • Gunakan Paragraf Pendek. Jangan menulis kalimat yang terlalu panjang dalam satu paragraf. Cukup anda menulis 4-5 baris dalam satu paragraf saja.
  • Hindari huruf besar & tanda seru !!!!. HURUF BESAR TIDAK RAMAH DIMATA PEMBACA. MEREKA MEMBUTUHKAN ENERGI DAN WAKTU LEBIH LAMA UNTUK MENCERNA KATA DEMI KATA (KALIMAT INI BUKTINYA).
  • Periksa kesalahan ejaan & ketikan. Kesalahan ejaan dan ketikan atau biasa disebut typo membuat Anda terlihat tidak profesional.

Itulah 3 Langkah Menulis Iklan Yang Menjual. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda akan lebih mudah untuk menarik pembeli.